Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang sales atau wiraniaga, Anda harus menguasai beberapa keterampilan yang dapat dipelajari. Anda harus memoles dan meningkatkan keterampilan tersebut sepanjang karier Anda.
Menurut Wendy Connick dalam bukunya yang berjudul Sales 101, ada tiga keterampilan yang harus dimiliki seorang sales. Apa saja keterampilannya? Simak melalui uraian berikut.
1. Komunikasi
Seorang sales pasti akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berbicara dengan orang lain, baik itu prospek, pelanggan, karyawan dari departemen lain, manajer, dan pihak lainnya.
Percakapan dengan orang-orang tersebut biasanya melibatkan upaya meyakinkan mereka untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, Anda harus menjadi komunikator yang terampil agar pihak lain melakukan yang Anda inginkan, begitu pula sebaliknya.
Masing-masing pihak mendapatkan apa yang diinginkan, dan dengan demikian, Anda juga dapat bisa melakukan pekerjaan sales dengan baik. Untuk menjadi komunikator yang baik, Anda harus menjadi pendengar yang baik dan tahu cara menarik perhatian orang lain.
2. Keahlian Memahami Produk dan Pelanggan
Pengetahuan akan produk adalah tingkat keahlian pertama yang harus dimiliki oleh seorang sales. Sebelum Anda berjualan, Anda harus paham produk Anda secara menyeluruh, mulai dari fitur, manfaat, dan aspek-aspek lainnya.
Setelah Anda paham produk yang akan Anda jual, Anda harus paham juga mengenai pelanggan Anda. Anda harus mengetahui target pasar Anda.
Jika Anda menjual ke bisnis lain dalam industri tertentu, pelajari semua luar dalam industri tersebut. Jika Anda menjual kepada kelompok pelanggan tertentu, pelajari semua yang Anda bisa tentang kelompok pelanggan tersebut.
Dan jika Anda menjual ke bisnis atau konsumen yang lebih luas, pelajari semua tentang masalah tertentu yang diatasi oleh produk Anda serta cara alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut.
3. Kerja Sama Tim
Seorang sales yang baik dapat bergaul dan bekerja sama dengan baik dengan pihak lain. Dalam sebuah perusahaan, Anda akan bekerja dengan banyak bagian. Pelajari masing-masing posisi mereka dan jalin hubungan yang baik dengan mereka.
Kerja tim juga tidak hanya terbatas pada rekan kerja Anda, jangan lupa untuk berkoordinasi dan menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan klien profesional di luar perusahaan Anda.
Itulah tiga keterampilan utama yang harus dimiliki seorang sales. Untuk mengasah terus keterampilan menjual Anda, cobalah untuk ikut pelatihan dan rutin menyisihkan sebagian waktu kerja Anda setiap hari untuk membaca materi bermanfaat terkait dengan penjualan.
Jika Anda ingin mendapat materi bermanfaat seputar penjualan, Anda bisa membaca buku Sales 101 karya Wendy Connick.